Posted by : Unknown Jumat, 23 September 2016

Cara Membuat VLAN MikroTik

""syaloam""
kali ini saya akan seting membuat vlan di mikrotik ,teman -teman saya mohon simak baik karena sulit sedikit.


A. Pengertian

Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu lan atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Vlan dibuat dengan menggunakan jaringan pihak ke tiga. VLAN merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP yang terpisah secara logik. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan switched switched yang sama. Agar computer bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap computer harus memiliki sebuah alamat IP dan Subnet Mask yang sesuai dengan VLAN tersebut.


B. Keuntungan sebuah VLAN
 
Penerapan sebuah teknologi VLAN memungkinkan sebuah jaringan menjadi lebih fleksibel untuk mendukung tujuan bisnis. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan VLAN:

Security– Departemen yang memiliki data sensitive terpisah dari jaringan yang ada, akan mengurangi peluang pelanggaran akses ke informasi rahasia dan penting.

 Cost reduction – Penghematan biaya dihasilkan dari tidak diperlukannya biaya yang mahal untuk upgrades jaringan dan efisiensi penggunaan bandwidth dan uplink yang tersedia.

 Higher performance – Dengan membagi jaringan layer 2 menjadi beberapa worksgroup secara logik (broadcast domain) mengurangi trafik yang tidak diperlukan pada jaringan dan meningkatkan performa.

 Broadcast storm mitigation – Dengan membagi sebuah jaringan menjadi VLAN mengurangi jumlah peralatan yang berpartisipasi dalam broadcast storm.

 Improved IT staff efficiency – Dengan VLAN pengelolaan jaringan lebih mudah, karena user-user dengan kebutuhan jaringan yang sama berbagi VLAN yang sama.

 Simpler project or application management – Memiliki fungsi-fungsi terpisah mempermudah pengelolaan sebuah project atau bekerja dengan aplikasi khusus.



C. Setting VLAN di MikroTik




  
1. Pertama buka menu "Interfaces" lalu klik "add" (+)



2. Setelah itu karena kita mau membuat VLAN, jadi pilih "VLAN"



3. Jika sudah masuk menu VLAN disini kita buat "VLAN ID" untuk VM yang akan kita buat nantinya VLAN ID tidak boleh sama dengan VLAN ID lainnya, karena itu Identitas dari sebuah VLAN tersebut, setelah itu arahkan Interface pada ethernet yang mengarah ke Server.
setelah itu "Apply" => "OK"



4. Selanjutnya buat seperti langkah pertama hingga sesuai kebutuhan VLAN anda

















5. Nah ini adalah vlan yang sudah  kita buat, selanjutnya kita beri tanda untuk masing - masing vlan




6. Setelah membuat vlan selanjutnya beri tanda pada masing-masing vlan tersebut, caranya sama seperti memberi tanda pada ethernet.
caranya klik vlan mana yang akan diberi tanda kemudian klik kotak kuning diatas (comment), hingga muncul kotak seperti gambar dibawah kemudian ketik pada kotak tersebut untuk memberikan tanda setelah itu "OK"



7. Lakukan cara seperti diatas hingga ke vlan-vlan selanjutnya dan sesuaikan tanda pada vlan tersebut akan mengarah ke mana sesuai tujuan yang sudah anda rencanakan








8. Nah ini adalah vlan yang sudah kita beritanda, dari vlan1 hingga vlan4



9. Selanjutnya kita beri IP pada masing-masing vlan agar dapat terhubung dengan perangkat yang akan terhubung pada vlan yang kita buat.
caranya klik menu "IP" => "Addresses"





10. Setelah muncul menu seperti dibawah ini selanjutnya tinggal kita buat IP untuk masing-masing vlan.
caranya klik "add" (+) setelah itu buat IP untuk vlan dan arahkan Interface ke vlan yang sudah kita buat sebelumnya.
kemudian "Apply" => "OK"





11. Lakukan cara seperti diatas untuk membuat IP vlan-vlan selanjutnya, dengan IP Address yang berbeda sesuai rencana / topologi yang sudah anda buat dan arahkan Interface ke vlan-vlan selanjutnya









12. Nah ini adalah IP Address pada tujuan vlan-vlan yang sudah kita buat






kesimpulan
cara membuat vlan mikrotik ini sampai dini sekain dan terimah kasih kalau ada kesalahan mohon maaaf karena saya juga masih belajar ,dan apa yang kita melakukan bagin vlan ini dibaca lalu lakukan bagi vlan.
Referensi http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=65


Good By Darius Yobee
                                                                                                                 24 September 2016

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sidebar One

Menu - Pages

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Subscribe

Total Pageviews

Pages - Top Menu

AD (728x60)

Follow on Google+

Blogger templates

Test Footer 2

Pages

Blogger templates

Blogroll

About

Pages - Menu

Pages - Menu

Weekly post

Popular Posts

- Copyright © Blog Darius -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -