Posted by : Unknown Senin, 15 Agustus 2016



Aplikasi Server

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan sumber daya yang cukup besar dan dilengkapi dengan sistem operasi khusus. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat didalamnya.

Aplikasi Server
Aplikasi server adalah aplikasi pada sistem komputer yang berfungsi melayani permintaan akses dari komputer pengguna atau klien. Salah satu contoh aplikasinya adalah web server. Web server sendiri berisi informasi-informasi yang dapat diakses menggunakan web browser (ex: internet explorer, google chrome). Contoh lain adalah FTP server, FTP server berfungsi melayani transaksi pertukaran data komputer server dengan klien menggunakan aplikasi FTP client.

Macam-Macam Aplikasi Server :
DHCP Server
DHCK server merupakan sebuah aplikasi yang menjalankan layanan untuk “menyewakan” alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua klien yang memintanya. Beberapa sistem operasi jaringan seperti Windows NT Server, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server atau GNU/Linux memiliki layanan seperti ini.
Ilustrasi
Ilustrasi

Mail Server
Mail server adalah suatu aplikasi yang bertindak sebagai sebuah penyedia layanan dalam jaringan komputer, yang berfungsi untuk melakukan penyimpanan dan distribusi yang berupa pengiriman, penjaluran dan penerimaan surat elektronik (email). Mail server berjalan dengan beberapa protokol pada TCP/IP, yakni SMTP (port 25), POP3 (port 110) dan IMAP (port 143).
Ilustrasi
Ilustrasi

DNS Server
DNS (Domain Name System) server adalah salah satu jenis aplikasi yang melayani permintaan pemetaan IP address ke FQDN (Fully Qualified Domain Name) dan dari FQDN ke IP address. FQDN lebih mudah diingat oleh manusia dibandingkan dengan IP address. Sebagai contoh, sebuah komputer memiliki IP address 192.168.100.100 dan memiliki FQDN “dobex.com”. Nama “dobex.com” tentunya lebih mudah diingat daripada nomor IP address tersebut.
dns-proses
Ilustrasi

Proses kerja DNS :
  1. Resolvers mengirim queries kepada name server. Resolvers sendiri adalah program DNS client yang berjalan di komputer pengguna yang menghasilkan DNS request dan bertugas untuk menjawab pertanyaan tentang domain kepada program aplikasi (seperti Internet Explorer, Google Chrome, Opera, dll).
  2. Name server (DNS server) memeriksa queries tersebut di lokal database ataupun dengan menghubungi name server yang lain. Jika sudah ditemukan, name server akan mengembalikan lagi ke resolvers. Tapi jika terdapat kesalahan, maka name server akan menampilkan pesan kesalahan.
  3. Resolvers menghubungi host yang dituju dengan menggunakan IP address yang diperoleh dari name server.
FTP Server
FTP server merupakan sebuah server yang memanfaatkan File Transfer Protocol (FTP) untuk keperluan transfer file antar mesin pada jaringan TCP/IP. FTP adalah sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas komputer antar mesin-mesin dalam sebuah jaringan internet atau intranet.
Ilustrasi
Ilustrasi

HTTP/Web Server
HTTP server atau web server merupakan salah satu server yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows, dll) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web ini menggunakan protokol HTTP/HTTPS.
Ilustrasi
Ilustrasi

Proxy Server
Proxy server adalah aplikasi server yang dapat bertindak untuk melakukan request terhadap content dari internet atau intranet. Proxy server bertindak sebagai gateway terhadap dunia internet untuk setiap komputer pengguna. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien, maksudnya seorang pengguna yang berinteraksi dengan internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya.
Ilustrasi
Ilustrasi

Database Server
Merupakan sebuah program komputer yang menyediakan pengelolaan basis data dan melayani komputer atau program aplikasi basis data yang menggunakan model klien/server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer (umumnya merupakan server) yang didedikasikan untuk menjalankan program yang bersangkutan. Sistem manajemen basis data (SMBD) pada umumnya menyediakan fungsi-fungsi server basis data, dan beberapa SMBD sangat bergantung kepada model klien/server untuk mengakses basis datanya.
Ilustrasi
Ilustrasi

SSH Server
SSH server merupakan aplikasi server yang berfungsi untuk melakukan remote atau pengendalian komputer dari jarak jauh.
Ilustrasi

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sidebar One

Blog Archive

Menu - Pages

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Subscribe

Total Pageviews

Archives

Pages - Top Menu

AD (728x60)

Follow on Google+

Blogger templates

Test Footer 2

Pages

Blogger templates

Blogroll

About

Pages - Menu

Pages - Menu

Weekly post

Popular Posts

- Copyright © Blog Darius -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -