Posted by : Unknown Rabu, 17 Agustus 2016

                                                                                                

                                                                                                         29 juli 2016

 

 Cara Mengetahui Jarak dan TInggi Tower Yang Ingin Dipasang

posted : Darius yobee
     Assalamualaikum, postingan dari saya hari ini akan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara agar kita dapat mengetahui jarak antar tower dan berapa tinggi tower yang dibutuhkan, karena sering kali kita kebingungan untuk mengetahui jarak dan tinggi tower yang ingin kita buat. Nah berikut ini adalah beberapa caranya: (Postingan ini hanya laptop yang mengunakan SO Linux Mint)
Cara Mengetahui Jarak dan Tinggi Tower Yang Ingin Dipasang
  1. Install Google earth jika belum terinstall disini adadffgdfggfdffggfgfg langkah menginstall google earth setelah terinstall  buka google earth, carilah lokasi anda/lokasi tower pertama dan berikan tanda di lokasi anda, dengan cara klik gambar seperti paku yang berwarna kuning yang berada di atas maka akan muncul seperti ini:
  2. Tariklah point kuning itu ke lokasi tower pertama yang ingin dipasang kemudian berikan nama pada kotak kecil yang muncul dan copy tulisan yang ada di latitude dan longitude ke description dan klik ok. maka tampilannya akan seperti ini:
  3. Selanjutnya tentukan lokasi tower kedua yang ingin di pasang dan berikan tanda sama seperti cara yang pertama tadi, contoh:
  4. Kemudian untuk mengetahui berapa jarak antar tower tersebut cukup dengan mengklik gambar seperti penggaris yang berada di jendela paling atas, maka tampilannya akan seperti ini:
  5. Pada Jendela kecil yang muncul disitu diganti menjadi Kilometer agar lebih mudah untuk menghitungnya, setelah itu tarik garis dari lokasi tower pertama dengan mengkliknya ditanda tower pertama yang sudah kita buat, tarik hingga tower kedua dan nanti anda akan mengetahui jaraknya di jendela kecil yang muncul tadi, jaraknya itu anda harus menghafalnya karena nanti akan dibutuhkan. setelah itu save dan garisnya akan menjadi berwarna merah seperti ini:
  6. Disitu muncul kotak kecil untuk menyimpan garis yang kita buat, anda bisa memberi nama dan didescriptionnya anda bisa tuliskan jaraknya tadi dan derajatnya yang tadi.
  7. Kemudian untuk mengetahui tinggi hambatan-hambatan apa saja yang menghalang jaringannya nanti dapat dilihat dengan mengklik kanan pada garisnya kemudian Show Elevation Profile, maka akan muncul grafik seperti ini:
  8. Dengan menggeser kursor pada grafiknya disitu anda bisa mengetahui hambatan tertingginya berapa.
  9. Selanjutnya untuk menentukan tinggi tower kita bisa membuka browser kemudian ketikkan www.mikrotik.co.id maka akan muncul tampilan ini:
  10. Kemudian pilih Aplikasi bantu>Perhitungan ketinggian antena (tower) setelah itu akan muncul tampilan Perhitungan Tinggi Antena seperti ini:
  11. Ditampilan itu ada kolom frekuensi, jarak dan asumsi tinggi penghalang rata-rata. Bagian Frekuensi adalah dimana kita akan memasang antena dengan frekuensi berapa ada dua pilihan yaitu 2400 dan 5800 disitu isikan sesuai dengan frekuensi antena yang akan kamu pasang. Bagian jarak adalah berapa jarak antara tower 1 dan 2 isikan sesuai dengan yang kita ketahui jaraknya di google earth tadi. Kemudian  bagian  Asumsi tinggi penghalang rata-rata kita isikan sesuai tinggi penghalang yang kita lihat tadi di grafik google earth.
  12. Setelah itu tekan enter dan akan muncul hasil perhitungan dari apa yang kita isi tadi, disitu akan muncul pemberitahuan hasil perhitungan berapa kira-kira tinggi tower yang harus anda pasang:
Demikianlah cara untuk menghitung jarak dan tinggi tower yang ingin dipasang jika ada keluhan bisa ditanyakan saja yaa. Selamat mencoba, semoga berhasil. Wassalamualaikum Wr.Wb..

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sidebar One

Blog Archive

Menu - Pages

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Subscribe

Total Pageviews

Archives

Pages - Top Menu

AD (728x60)

Follow on Google+

Blogger templates

Test Footer 2

Pages

Blogger templates

Blogroll

About

Pages - Menu

Pages - Menu

Weekly post

Popular Posts

- Copyright © Blog Darius -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -