Posted by : Unknown Selasa, 09 Agustus 2016


Membuat Program Sederhana Dengan Terminal Linux

Ini adalah postingan pertama saya tentang Linux. Kenapa saya bilang kaya gitu? Soalnya kita semua mungkin jarang banget pakai Linux, atau mungkin kalian belum tahu apa itu Linux. Untuk penjelasan tentang Linux, silahkan kunjungi  ini.
Nah, postingan kali ini akan menambah wawasan kalian buat para calon programmer dalam dunia koding. Mungkin kita sebagai programmer muda yang baru belajar, mungkin sudah terbiasa ngoding(baca: bikin kode, nulis kode) di windows, dengan aplikasi text editor yang banyak disediakan di internet. Tapi disini kita akan ngoding di Linux brooo! Tentu saja kita akan terbang ke dunia yang lain karena biasanya kita ngoding di windows.

Disini saya menggunakan sistem operasi Ubuntu, kalian boleh memakai sistem operasi apa saja, asalkan linux. Disini kita akan ngoding di terminal. Terminal ini mirip seperti command promt yang ada di Windows. Ini adalah tampilannya. Shortcutnya adalah ctrl + alt + T



Kalau sudah siap dengan si terminal, kita langsung aja ngoding yukk!

Langkah pertama, kita buat dulu sebuah folder untuk tempat file kodingan kita. Lokasi folder kita bekerja saat terminal di jalankan adalah home. Ketikkan kode berikut untuk membuat folder: mkdir latihanngoding




Jika sudah, coba kalian buka file manager kalian. Maka di home akan muncul folder baru dengan nama latihanngoding.
Jika sudah, sekarang kita masuk kedalam folder yang telah kita buat. Ketikkan cd latihanngoding terminal kalian.  Untuk mengecek apakah kalian sudah benar-benar masuk ke dalam folder tersebut, ketiikan pwd pada terminal.
Taddaaa! Folder kita sudah jadi. Tinggal membuat file di dalamnya. Karena kita akan latihan ngoding, tentu saja kita akan membuat sourcecode. Kita akan membuat sourcecode sederhana dengan sebuah bahasa C. Sekarang ketikkan nano hello.c pada terminal. Akan muncul tampilan seperti ini.
Ini adalah tampilan untuk input sourcecode yang kita inginkan. Sekarang kita buat aplikasi sederhana dengan mengetikkan kode berikut:
#include <stdio.h>
int main(){
            printf(“hello world!\n”);
            return 0;
}

Tampilannya kurang lebih seperti ini.
Secara otomatis, terminal akan mengenali ekstensi file yang kita buat (.c). Hal ini terlihat dengan adanya warna-warna pada script yang kita ketikan. Terminal mengenali yang mana library, fungsi dan lain-lain. Seperti text editor pada umumnya.
Jika sudah, untuk menyimpannya, tekan tombol ctrl + O (write out). Lalu tekan ctrl + X untuk keluar dari editor.
Masih tidak percaya kalian sudah membuat file hello.c tadi? Kita buktikan di dalam file manager. Hehehhe
Beneran kan ada filenya?
Nah permasalahannya sekarang gimana compile nya? Tenang aja, linux sudah menyediakan compilernya untuk kita. Ga usah repot-repot lagi buat download dan install. Hehehe. Cara compilenya, ketikkan gcc hello.c -o hello pada terminal. Lalu ketikkan ./hello untuk menjalankan program yang kita buat tersebut.
Latihan ini berguna jika suatu saat kalian harus mengedit atau membuat file di dalam terminal Linux. Selamat berlatih




sumber :

http://dariusyox.blogspot.co.id/2016/07/membuat-program-sederhana-dengan.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sidebar One

Blog Archive

Menu - Pages

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Subscribe

Total Pageviews

Archives

Pages - Top Menu

AD (728x60)

Follow on Google+

Blogger templates

Test Footer 2

Pages

Blogger templates

Blogroll

About

Pages - Menu

Pages - Menu

Weekly post

Popular Posts

- Copyright © Blog Darius -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -