Posted by : Unknown Kamis, 18 Agustus 2016

Sebuah web server adalah sebuah sistem komputer yang memproses permintaan melalui HTTP , dasar protokol jaringan yang digunakan untuk mendistribusikan informasi pada World Wide Web . Istilah ini dapat merujuk ke seluruh sistem, atau khusus untuk software yang menerima dan mengawasi permintaan HTTP. 

Fungsi utama dari web server untuk menyimpan, mengolah, dan menyampaikan halaman web ke klien . Komunikasi antara klien dan server berlangsung menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP) . Halaman disampaikan paling sering dokumen HTML , yang mungkin termasuk gambar , style sheet dan skrip di samping konten teks.


sejarah web server

Pada tahun 1989 Tim Berners-Lee mengajukan sebuah proyek baru untuk majikannya CERN , dengan tujuan meringankan pertukaran informasi antara para ilmuwan dengan menggunakan hypertext sistem. Proyek ini mengakibatkan Berners-Lee menulis dua program pada tahun 1990:
  • Sebuah browser yang disebut WorldWideWeb .
  • Situs web server pertama, kemudian dikenal sebagai CERN httpd , yang berlari pada NeXTSTEP
Antara 1991 dan 1994, kesederhanaan dan efektivitas teknologi awal yang digunakan untuk surfing dan pertukaran data melalui World Wide Web pada port membantu mereka untuk banyak sistem operasi yang berbeda dan menyebarkan penggunaannya di antara organisasi ilmiah dan universitas, dan kemudian ke industri.
Pada tahun 1994 Tim Berners-Lee memutuskan untuk membentuk World Wide Web Consortium (W3C) untuk mengatur pengembangan lebih lanjut dari banyak teknologi yang terlibat ( HTTP , HTML , dll) melalui proses standarisa





Cara kerja web server :

1. Cara kerja Web Server Web server merupakan mesin dimana tempat aplikasi atau software beroperasi dalam medistribusikan web page ke user, tentu saja sesuai dengan permintaan user.

2. Hubungan antara Web Server dan Browser Internet merupakan gabungan atau jaringan Komputer yg ada di seluruh dunia. Setelah terhubung secara fisik, Protocol TCP/IP (networking protocol) yg memungkinkan semua komputer dapat berkomunikasi satu dengan yg lainnya. Pada saat browser meminta data web page ke server maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut di kemas di dalam TCP yg merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat yg dalam hal ini merupakan protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini merupakan protocol yg digunakan dalam World Wide Web (WWW) antar komputer yg terhubung dalam jaringan di dunia ini. Untuk mengenal protocol ini jelas sangan mudah sekali dimana setiap kali anda mengetik http:/ anda telah menggunakannya, dan membawa anda ke dunia internet. Data yg di passing dari browser ke Web server disebut sebagai HTTP request yg meminta web page dan kemudian web server akan mencari data HTML yg ada dan di kemas dalam TCP protocol dan di kirim kembali ke browser. Data yg dikirim dari server ke browser disebut sebagai HTTP response. Jika data yg diminta oleh browser tidak ditemukan oleh si Web server maka akan meninbulkan error yg sering anda lihat di web page yaitu Error : 404 Page Not Found.

Hal ini memberikan cita rasa dari suatu proses yang tridimensional, artinya pengguna internet dapat membaca dari satu dokumen ke dokumen yang lain hanya dengan mengklik beberapa bagian dari halaman-halaman dokumen (web) itu. Proses yang dimulai dari permintaan webclient (browser), diterima web server, diproses, dan dikembalikan hasil prosesnya oleh web server ke web client lagi dilakukan secara transparan. Setiap orang dapat dengan mudah mengetahui apa yang terjadi pada tiap-tiap proses. Secara garis besarnya web server hanya memproses semua masukan yang diperolehnya dari web clientnya.




Macam - macam Web Server diantanya:

Apache Web Server - The HTTP Web Server
1.Apache Tomcat
2.Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)
3.Lighttpd
4.Sun Java System Web Server
5.Xitami Web Server
6.Zeus Web Server

 Apache Tomcat, merupakan sumber web server dan servlet kontainer terbuka yang dikembangkan oleh Apache SoftwareFoundation. Pada dasarnya, itu mengimplementasikan Servlet Java dan JavaServer Pages (JSP) spesifikasi dari Sun Microsystem, dan menyediakan "murni Java" lingkungan server web HTTP untuk kode Java untuk berjalan dalam. Dalam konfigurasi yang paling sederhana Tomcat berjalan dalam proses sistem operasi tunggal. Proses berjalan mesin virtual Java (JVM) dan setiap permintaan HTTP dari browser untuk Tomcat diproses dalam proses Tomcat di thread terpisah.

Windows Server 2003 adalah yang pertama Microsoft Windows versi yang benar-benar mengalami semi-otomatis pengujian untuk bug dengan sistem perangkat lunak yang disebut PREfast  yang dikembangkan oleh ilmuwan komputer Amitabh Srivastava di Microsoft Research .  

sumber :
https://translate.google.co.id/ 


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sidebar One

Blog Archive

Menu - Pages

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Subscribe

Total Pageviews

Archives

Pages - Top Menu

AD (728x60)

Follow on Google+

Blogger templates

Test Footer 2

Pages

Blogger templates

Blogroll

About

Pages - Menu

Pages - Menu

Weekly post

Popular Posts

- Copyright © Blog Darius -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -