Posted by : Unknown Selasa, 30 Agustus 2016

wireless Repeater Mikrotik

sebelum kita lanjut pertama-tama kita panjatkan puji dan syur kepada Tuhan karena Allah memberikan kesempatan indah buat kita .

hai teman -teman selamat sore   hari saya ini menkoneksikan jaringan tanpa kabel,agar kita tidak sibuk pada saat kita rapat dikelas atau saat acara,mohon mengikuti langkah berikut ini dan sebelum melakukan kita simak dan mengerti baik.


2. pengertian
Repeater adalah suatu alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI. Perangkat Repeater harus 2 alat, yakni untuk menerima sinyal dari server (CLIENT) dan untuk menyebarkan lagi sinyal Wifi (accespoint).

3. latar belakang
Perkembangan dunia teknologi informasi pada saat ini sangat berkembang pesat. Hampir semua aspek kehidupan menggunakan layanan internet. Dari yang awalnya menggunakan jaringan kabel, dimana sekarang sudah berkembang dengan adanya teknologi tanpa kabel atau yang lebih dikenal dengan Wifi, maka sekarang kita mengunakan tanpa kabel agar kita tidakk repot pada saat kita rapat kita hanya bawah mikroti di tempat rapat ,mikrotik ini kita bisa dapat dari jangkauan jauh yang berada dari jauh server.

4. maksud dan tujuan 
Tujuan dari repeater  ini adalah untuk memperluas sinyal wifi’supaya kita bisa konek dari jauh .net agar userm yang belum ter cover oleh sinyal wifi dari server tetap dapat menikmati layanan hotspot.

 6. alat dan bahanan
  • mikrotik
  • laptop /pc
  •  kabel untuk menghubungkan dari power ban ke mikrotik

7. tahapan dan langkah kegiatan


Pertama, kita akan melakukan upgrade versi routerOS terlebih dahulu ke versi 6.35 serta menambahkan paket wireless-rep. Untuk uji coba kali ini kita akan menggunakan RB 941-2n (hAP-Lite) sebagai repeater.
 
Kedua, kita akan konfigurasi di sis AP (Access Point) terlebih dahulu. Seperti biasanya kita setting parameter-parameter utama yang di perlukan untuk membuat AP. Seperti Mode, Band, Frequency, SSID, dll.
Ketiga, kita konfigurasi wireless router yang akan dijadikan sebagai repeaternya. Untuk menjadikan sebagai repeater kita akan menggunakan interface wlan-fisik dan wlan-virtual (VAP). Dan secara umum konfigurasinya adalah interface wlan-fisik disetting dengan mode 'Station' dan wlan-virtual (VAP) akan kita setting dengan mode 'AP-Bridge'.
Nah, disinilah salah satu fungsi dari paket wirless-rep. Apabila sebelum ditambahakan paket tersebut maka penggunaan mode pada VAP akan menyesuaikan di interface Master (wlan-fisik) namun dengan ditambahkan paket tersebut kita bisa mensetting mode antara wlan-fisik dan juga virtual dengan mode yang berbeda.
Sebelumnya kita akan melakukan konfigurasi pada interface wireless-fisik dengan menjadikan sebagai 'Receiver/Penerima'. Untuk contoh konfigurasinya adalah sebagai berikut:
Kemudain kita akan menambahkan sebuah interface wlan-virtual (VAP). Caranya pilih pada menu Wireless -> klik Add [+] -> Virtual. Dan contoh konfigurasinya adalah sebagai berikut:
Setelah langkah-langkah diatas kita lakukan maka pada tab interface akan muncul dua interface wlan seperti gambar berikut.
Nah, karena kita akan menjadikan sebagai Wireless Repeater dan client/perangkat yang terkoneksi akan satu segment dan bisa langsung di manage pada router utama, maka kita akan melakukan bridging untuk kedua interface tersebut.
Keempat, kita akan buat interface bridge dan memasukkan kedua interface wlan diatas kedalam Bridge Port. Untuk membuat bridge kita masuk ke menu Bridge -> Tab Bridge -> klik Add [+].
Kemudain kita masukkan kedua interface wlan ke dalam 'bridge port'. Pada menu yang sama kita masuk ke tab Port -> klik Add [+].
Nah, sampai langkah ini perangkat kita sudah siap digunakan sebagai Wireless repeater  

8. hasil yang di dapatkan
dapat kita mengunakan wifi dari jankahkauan dari jauh dan kita bisa mengkoneksikan ,kita dapat dari pusat internet .

 9. kesimpulan
Perkembangan teknologi wireless begitu cepat. Jaringan wireless merupakan teknologi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat komunikasi menggunakan gelombang radio (Radio Freguency/RF).Dalam komunikasi data terdapat beberapa unsur agar sebuah proses komunikasi dapat berlangsung dengan baik. Unsur-unsur tersebut dapat berupa, sumber data, media dan penerima data.  Pada komunikasi data, media yang digunakan adalah kabel dan tanpa kabel..

10. sara
 susunan ini  menyadari banyak sekali kekurangan dalam penyusunan repeater ini. Oleh karena itu,penulis menerima segala kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan repeater ini, salah kata -kata mohon maaf maklumi materi ini manfaat bagi orang yang rajing membaca syaloam.

10.referensi

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sidebar One

Blog Archive

Menu - Pages

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Subscribe

Total Pageviews

Archives

Pages - Top Menu

AD (728x60)

Follow on Google+

Blogger templates

Test Footer 2

Pages

Blogger templates

Blogroll

About

Pages - Menu

Pages - Menu

Weekly post

Popular Posts

- Copyright © Blog Darius -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -