Posted by : Unknown Jumat, 02 September 2016

HAL-HAL YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH MENGINSTALL SERVER (KONFIGURASI DASAR SERVER)

hello selamat sore teman -teman disini kita akan melakukan membuat LAMP maka saya mohon tolong memahami langkah -langkah dan modul nya agar kita tidak bisa sulit.

A. pengertian
Server adalah suatu sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu untuk client dalam suatu jaringan komputer.  Server dilengkapi dengan sistem operasi khusus untuk mengontrol akses dan sumber daya yang ada di dalamnya biasanya sistem operasi khusus tersebut disebut sistem operasi jaringan atau network operating system. Selain itu Server didukung dengan dan RAM yang besar dan prosesor yang bersifat scalable.
Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.


B. latar belakang 
 

LAMP Server (Linux, Apache, MySQL, PHP (atau Perl) adalah salah satu yang paling penting server Anda mungkin pernah mengatur. Ini akan dengan senang hati melayani sampai dinamis, situs web database-driven tanpa perlu penitipan bayi konstan. Sejak server LAMP ini yang mendasari pondasi Linux itu menikmati rock-solid kehandalan, keamanan, dan dapat diinstal pada semua jenis perangkat keras (dari yang putih-kotak tua Anda harus multi-CPU, RAID-enabled rak server).
C. Alat dan bahan
  • laptop/pc
  • mouse
  • keyboard

     
  • D. maksud dan tujua 
  • dengan mnegunakan Ini akan dengan senang hati melayani sampai dinamis, situs web database-driven tanpa perlu penitipan bayi konstan. Sejak server LAMP ini yang mendasari pondasi Linux itu menikmati rock-solid kehandalan, keamanan, dan dapat diinstal pada semua jenis perangkat keras (dari yang putih-kotak tua Anda harus multi-CPU, RAID-enabled rak server).

    Teman -teman sebelum kita melakukan instal linux mint 17.3 kita bagi partisi lebih duluan teman-teman ,kita mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk bagi partisi:

Cara Mudah Membuat Partisi Hardisk Untuk Instalasi Linux

Membuat Partisi Hardisk Untuk Instalasi Linux Dapat Diikuti Langkah-Langkah Berikut :
  1. Siapkan ISO File berisi Linux installer (OS Linux)
  2. Siapkan DVD atau USB Flash Drive 4 GB
  3. Burning File ISO ke dalam DVD atau USB
  4. Matikan komputer dan masuk ke dalam Pengaturan BIOS (Klik Disini Untuk Detailnya)
  5. Jika komputer sudah booting melalui DVD atau USB, jalankan Linux secara Live saja
  6. Jika desktop Linux sudah terlihat, buka Terminal dan ketikkan sudo gparted
  7. Jendela GParted akan keluar
  8. Klik kanan pada hardisk yang belum diformat, pilih Resize/Move lalu masukkan nilai ukuran hardisk sesuai prinsip partisi hardisk di Linux di bawah ini.
  9. Jika sudah selesai, klik tanda centang pada toolbar GParted
partisi linux swap dengan minitool partition partisi linux ubuntu Linux Mint partisi linux swap Ubuntu Linux Mint partisi linux swap partisi linux mint cara partisi linux mint fungsi partisi linux swap di Linux partisi hardisk, cara gparted, membuat partisi linux

Prinsip Partisi Hardisk di Linux

Pada dasarnya, membuat partisi hardisk untuk instalasi Linux adalah membagi ruangan hardisk ke dalam beberapa bagian yaitu : (1) Sebagai Swap, (2) Sebagai Mount Point / dan, (3) Sisa hardisk lainnya digunakan sebagai tempat untuk menyimpan file-file kita nantinya.

1. Cara Partisi Hardisk linux-swap
Ukuran partisi swap disarankan sebesar ukuran memory. Misalkan jika ukuran memory komputer adalah 4 GB maka kita juga harus membuat partisi swap sebesar 4 GB dan mount point sebagai swap.

2. Partisi Mount Point /
Mount Point ( / ) digunakan sebagai tempat dimana file sistem akan disimpan. Ibaratnya jika di Windows adalah sebagai drive C nya. Untuk ukurannya kami sarankan sebesar 100 GB saja sehingga dapat menampung file download, dan untuk menghindari free space sebesar 10%. Format dengan Ext4.

3. Partisi Storage atau Penyimpanan
Ruang hardisk yang tersisa kita jadikan sebagai hardisk storage untuk menyimpan file-file pekerjaan kita yang dapat berupa file doc, mp3, pdf, dll
Kami sarankan untuk memformat nya dengan Ext4 Logical, jangan NTFS.
Partisi "Extended" akan tercipta secara otomatis, tidak perlu dibuat. Lihat gambar diatas!

Jika sudah selesai, keluar GParted dan instal Linux anda pada Partisi 100 GB diatas yang mount point nya berupa / sebagai media booting Linux. 

setelah kita membagi partisi kita melakukan install linux mint 17.3
1. Pengenalan Linux Mint
   Linux Mint merupakan salah satu pilihan terbaik bagi pemula yang ingin beralih dari sistem operasi Windows. Linux Mint juga dirancang untuk dapat dipasang bersama sistem operasi lain dan dapat secara otomatis mengatur sebuah lingkungan "dual boot" atau "multi boot" (sehingga ketika komputer dihidupkan pengguna diberikan pilihan sistem operasi manakah yang akan dijalankan) selama pemasangan.


2. Persiapan Instalasi


1. Siapkan media installasi yang sudah kita buat baik berupa flashdisk yang sudah berisikan Installer Linux.

2. Pada menu BIOS pilih Boot device USB HDD/USB Drive dan letakkan pada bagian paling atas
3. Langkah Langkah Installasi 
1. Pilih Install Linux Mint yang berlogo CD
Tampilan Desktop Linux Mint Mate Edition
2.  Pilih Bahasa, Terserah mau bahasa apa, kalau saya akan memilih bahasa English. Kemudian klik Continue
3. Akan muncul kelengkapan keperluan installasi Linux Mint seperti, Harddisk minimal 9GB keatas, terhubung ke arus listrik, dan opsional terhubung ke internet. Setelah mendapati tampilan tersebut kembali klik Continue
4. Jika laptop/PC sobat masih baru dan belum ada data, bisa gunakan otomatis dengan pilihan pertama “Erase disk and install Linux Mint” atau jika sobat ingin DUAL BOOT dengan Windows atau ingin kostumisasi kapasitas harddisk yang dibutuhkan maka  disarankan pilih”Something else” kemudian klik lagi Continue
5. Pilih partisi kosong yang akan kita install Linux. Sebelumnya, kalian harus sudah menyediakan kapasitas kosong untuk keperluan install Linux Mint. Kemudian pilih simbol plus “+” untuk mengolah menjadi beberapa partisi
6. Tambahkan 2Gb sebagai SWAP karena sangat direkomendasikan langsung dari Linux untuk membantu kebutuhan RAM. Konfigurasinya harap mengikuti contoh dibawah ini kemudian klik OK

7. Setelah berhasil membuat partisi untuk RAM. kalian harus membuat partisi System Linux atau pada Windows kita mengenalnya dengan partisi Local Disk C, dengan kapasitas hardisk terserah kalian. Konfigurasinya ikuti contoh seperti ini
8. Pada type for the new partition pilih Primary, Location pilih Begining of the space, Use as: Ext4 journaling file system dan terakhir Mount Point isikan slash “/” yang berarti sebagai direktori sistem milih Linux atau folder “root” kemudian Ok.
9. Setelah selesai membuat partisi sistem, Sobat bisa langsung klik Install Now!!
10. Muncul konfirmasi settingan bisa langsung klik Continue lagi
11. Pilih wilayah untuk mengatur waktu berdasarkan GMT

12. Pilih struktur keyboard kalian, langsung saja continue karena umumnya menggunakan tipe English (US) atau jika berbeda silakan atur dengan layout keyboard laptop/PC yang kalian punya.
13. Bagian terakhir isi nama lengkap kalian, nama laptop/PC yang kalian pakai. Wajib isi username dan password kalian karena setiap menginstall aplikasi maka kalian akan ditanyakan password root nya karena itu bentuk kemanan yang Linux tawarkan. Jika sudah bisa langsung klik Continue
 
14. Tunggu proses installasi selesai sampai muncul konfirmasi melakukan restart atau lanjutkan untuk menggunakan linux dengan model live CD
15. Proses installasi selesai. Kalian bisa langsung mencoba dengan menekan Restart Now 
 
-- Sekian Tutorial Dari Saya, Semoga Bermanfaat --
Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar dibawah ini

A. INSTALLASI LAMP SERVER (Linux, Apache, MSQl, PHP)

          1. Install Apache 
# apt-get install apache2 

2. Install PHP 
#apt-get install php5 php5-mysql php5-gd php5-json php5-mcrypt php5-xmlrpc php5-cli
php5-intl php5-curl php-pear php5-imagick
 Untuk mengetahui PHP-extention apa saja yang sudah terinstall kita buat file baru pada folder root
server :
# nano /var/www/html/info.php
<?php
phpinfo();
?>
         3. Install MariaDB Server
# apt-get install mariadb-server
           Konfigurasi mariadb :
# mysql_secure_installation
    4. Install PHPMyadmin
# apt-get install phpmyadmin
 B. Langkah instalasi aplikasi berbasis web di Linux :
                 1. Aktifkan modul yang diperlukan : 
                     misal : modul rewrite (untuk menjalankan .htaccess) 

           # a2enmod rewrite

                2. Install PHP extention / paket lain yg diperlukan
                   misal : php-jsonp-json  
      # apt-get install phnp-json
E. kesimpulan
 kita mengunakan dengan baik untuk membuat LAPM ini maka kita bisa mengunakan ,dan teman saya disini mohon maaf kalau saya ada kelirugian atau salah minta maaf saya juga masih belajar, sekian dan terimakasih syaloam Tuhan berserta kita "IMANUEL" 

f. Refernsi 


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sidebar One

Menu - Pages

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Subscribe

Total Pageviews

Pages - Top Menu

AD (728x60)

Follow on Google+

Blogger templates

Test Footer 2

Pages

Blogger templates

Blogroll

About

Pages - Menu

Pages - Menu

Weekly post

Popular Posts

- Copyright © Blog Darius -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -